Penyebab dan Gejala Radang Paru-Paru

Radang Paru-Paru atau yang biasa disebut dengan Pneumonia adalah suatu kondisi dimana paru-paru mengalami peradangan yang biasanya disebabkan oleh infeksi.

Menurut Badan Kesehatan Dunia ( WHO ), Pada tahun 2008, penyakit ini telah merenggut sekitar 38.000 jiwa anak Indonesia. Sehingga Indonesia menduduki peringkat ke-8 terbesar di dunia terkait angka kematian anak-anak karena radang paru-paru atau pneumonia.

Maka dari itu, mengetahui Penyebab dan Gejala Radang Paru-Paru yang Umum Terjadi menjadi salah satu cara yang dapat kita lakukan agar dapat mencegah serta mengobati penyakit ini sejak dini.

Penyebab dan Gejala Radang Paru-Paru yang Umum Terjadi

Penyebab dan Gejala Radang Paru-Paru yang Umum Terjadi

Penyebab Radang Paru-Paru
Seperi apa yang telah dijelaskan diatas, infeksi akibat bakteri merupakan penyebab umum terjadinya penyakit ini. Akan tetapi selain diakibatkan oleh infeksi bakteri, penyakit ini juga bisa diakibatkan oleh banyak virus.

Lokasi penularan juga bisa memengaruhi jenis kumannya. Misalnya, kuman penyebab radang paru-paru yang didapat dari lingkungan umum berbeda dengan radang paru-paru yang didapat dari rumah sakit.

Peradangan pada paru-paru juga dapat berkembang melalui infeksi dari bagian tubuh lain, di mana kuman masuk ke paru-paru melalui aliran darah. Tetapi umumnya penyebab infeksi pneumonia masuk melalui udara saat kita bernapas.

Radang Paru-Paru Akibat Bakteri
Bakteri Streptococcus pneumoniae merupakan penyebab umum terjadinya radang paru-paru pada orang dewasa. Selain Bakteri Streptococcus pneumoniae, terdapat juga berbagai bakteri lainnya yang dapat menyebabkan radang paru-paru beberapa diantaranya yaitu, Staphylococcus aureus, Haemophilus influenzae, dan pneumonia mikoplasma (lebih sering menulari anak-anak serta remaja).

Radang Paru-Paru Akibat Virus
Virus sinsitial pernapasan (RSV) dan virus influenza tipe A atau B merupakan jenis virus paling umum yang menyebabkan peradangan pada paru-paru. Biasanya peradangan paru-paru pada anak anak juga disebabkan oleh virus.

Radang Paru-Paru Aspirasi
Radang Paru-Paru Aspirasi merupakan suatu kondisi yang terjadi karena terhirupnya objek asing ( misalnya, kacang ), muntah, serta substansi berbahaya ( misalnya, asap atau bahan kimia ). Objek atau subtansi tersebut akan menyebabkan iritasi atau bahkan merusak paru-paru.

Gejala Radang Paru-Paru
Radang paru-paru memiliki gejala yang bisa muncul secara perlahan dalam waktu beberapa hari, atau juga dapat muncul secara tiba-tiba (setelah 1 atau 2 hari). Radang paru-paru memiliki beberapa macam gejala yang tidak jauh berbeda dengan bronkitis.

Berikut Beberapa Gejala umum Yang Biasanya Muncul Pada Pederita Radang Paru-Paru

  • Sakit Kepala
  • Demam, berkeringat serta menggigil
  • Sering merasa mual dan muntah
  • Dada terasa nyeri saat batu ataupun menarik napas
  • Nafsu makan berkurang
  • Detak jantung yang cepat
  • Sendi sendi terasa nyeri
  • Bernapas menjadi terasa sulit seeprti napas terengah-engah dan pendek serta mengalami sesak napas walau sedang beristirahat.
  • Batuk kering atau batuk dengan dahak kental dan berwarna kuning atau hijau yang disertai darah.

Jika anda sering mengalami beberapa gejala di atas, alangkah baiknya untuk memeriksakan diri ke dokter untuk memastikan penyebab gejala yang sering anda rasakan tesebut.

Artikel Menarik Lainnya :

Penyebab dan Gejala Radang Paru-Paru yang Umum Terjadi

Comments

comments

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *