Jenis Keputihan Yang Tidak Normal serta Penyebabnya

Jenis Keputihan Yang Tidak Normal serta Penyebabnya,- Keputihan merupakan suatu kondisi yang pastinya pernah dialami oleh setiap wanita. Kondisi alami ini memiliki peranan untuk membersihkan serta melindungi vagina dari infeksi.

Jenis Keputihan Yang Tidak Normal serta Penyebabnya

Ketika seorang wanita mengalami keputihan, maka dari vaginanya akan keluar lendir yang diproduksi oleh leher rahim atau serviks serta kelenjar dalam vagina. Lendir tersebut akan keluar dengan membawa bakteri serta sel-sel mati.

Umumnya lendir yang normal tidak berbau, memiliki warna berning, serta tidak disertai dengan rasa gatal atau perih pada area vagina. Anda perlu mewaspadai jika anda mengalami keputihan dengan gejala yang berbeda. Seperti, keputihan anda memiliki bau yang tajam, lendir yang keluar jumlahnya sangat berlebihan, adanya perubahan pada warna serta kekentalan lendir, serta pada area vagina terasa gatal dan terasa nyeri pada perut.

Jenis Keputihan Yang Tidak Normal serta Penyebabnya

Adanya infeksi merupakan penyebab umum terjadinya keputihan yang tidak normal. Selain karena infeksi, keputihan yang tidak normal juga dapat menjadi indikasi adanya berbagai penyakit tertentu yang dapat menyerang vagina atau lereh rahim. Maka dari itu, anda diharuskan untuk selalu mewaspadainya jika mengalami keputihan yang tidak normal.

Berikut Beberapa Jenis Keputihan Yang Tidak Normal Serta Penyebabnya :

Keputihan yang mengandung darah atau dengan lendir yang berwarna Coklat
Mensturasi yang tidak teratur merupakan penyebab umum terjadinya keputihan seperti ini. Walaupun dikarenakan mensturasi yang tidak teratur, anda juga perlu untuk tetap mewaspadai kondisi ini. Karena walaupun jarang terjadi, kondisi seperti ini dapat menjadi indikasi dari adanya penyakit kanker rahim atau serviks.

Keputihan Disertai Pendarahan atau Rasa Nyeri
Ketika anda mengalami keputihan yang disertai dengan pendarahan di luar siklus mensturasi serta mengalami nyeri pada tulang panggul, dapat mengindikasikan adanya penyakit chlamydia (klamidia) atau gonore. Kondisi ini dapat menyebabkan infeksi yang serius pada organ reproduksi wanita jika dibiarkan begitu saja.

Keputihan yang berbuih atau berwarna kuning atau hijau
Trikomoniasis merupakan penyebab umum terjadinya keputihan seperti ini. Trikomoniasis merupakan penyakit yang disebabkan oleh parasit dan termasuk salah satu jenis penyakit menular seksual. Biasanya infeksi ini dapat menyebabkan rasa perih saat buang air kecil, disertai dengan lendir yang keluar saat keputihan memiliki bau amis dan berjumlah banyak. Penderita trikomoniasis juga biasanya mengalami gatal-gatal dan pembengkakan di sekitar vagina.

Keputihan yang disertai dengan luka melepuh di sekitar genital
Herpes genital biasanya merupakan penyabab terjadinya kondisi seperti ini. Herpes genital merupakan suatu penyakit yang umumnya dapat menyebabkan pada sekitar organ intim terasa sakit serta terdapat lepuhan atau luka seperti sariawan.

Keputihan dengan lendir berwarna merah muda
Adanya proses peluruhan dinding rahim setelah wanita melahirkan merupakan penyabab terjadinya keputihan jenis ini.

Keputihan yang terasa gatal dengan lendir yang berwarna putih atau cair
Keputihan ini dipicu oleh infeksi jamur dan menyebabkan munculnya lendir berwarna putih seperti susu kental atau cair, dan tidak disertai dengan bau yang menyengat. Rasa gatal yang parah dan rasa perih di sekitar vagina juga rasa sakit saat berhubungan seks merupakan gejala lain yang biasanya menyertai kondisi ini.

Keputihan dengan lendir berbau amis dan berwarna abu-abu atau putih
Keputihan ini terjadi karena adanya infeksi baktri yang dikarenakan adanya perubahan keseimbangan pada jumlah bakteri normal di vagina. Biasanya kondisi tersebut dapay menyebabkan lendir keputihan yang muncul akan berwarna abu-abu atau putih dan memiliki bau amis, akan tetapi tidak disertai iritasi atau rasa gatal.

Selain alasan medis, keputihan yang tidak normal serta rasa perih pada vagina juga dapat disebabkan karena menggunakan sabun yang memiliki aroma tajam secara berlebihan. Itulah sebabnya mengapa disarankan harus menggunakan sabun yang tidak mengandung bahan kimia yang keras dan dibarengi dengan menggunakan air hangat.

Jenis Keputihan Yang Tidak Normal serta Penyebabnya

Comments

comments

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *