Cara Supaya Tidak Merasakan Sakit Saat Berhubungan Seksual

Mengetahui Cara Supaya Tidak Merasakan Sakit Saat Berhubungan Seksual merupakan suatu hal yang sangat penting sekali, karena tidak sedikit wanita yang mengalami kesakitan saat melakukan hubungan seksual dengan suaminya. Terkadang rasa sakit tersebut dapat menyebabkan terganggunya aktivitas berhubungan intim yang sedang anda lakukan bersama dengan suami anda.

Cara Supaya Tidak Merasakan Sakit Saat Berhubungan Seksual

Rasa sakit yang sering anda alami saat melakukan hubungan seksual dengan sang suami bisa saja itu pertanda adanya masalah kesehatan pada diri anda. Mencari tau penyebab rasa sakit yang sering anda rasakan saat berhubungan dengan suami anda merupakan salah satu cara tepat agar rasa sakit tersebut bisa teratasi.

Umumnya rasa sakit saat berhubungan seksual atau yang dalam ilmu kedokterannya disebut dengan dispareunia pada tiap wanita berbeda beda. Ada yang mengalami rasa sakit disaat penterasi mendalam, ada juga yang mengalami rasa sakit disaat akan melakukan penetrasi.

Rasa sakit yang dirasaakan saat penetrasi mendalam dapat diakibatkan oleh :

Mengidap Penyakit
Rasa sakit saat penetrasi mendalam dapat diakibatkan karena adanya suatu penyakit pada diri anda seperti penyakit kista ovarium, fibroid rahim, endometriosis, wasir, sindrom iritasi usus, atau penyakit menular seksual. Selain itu, wanita yang memiliki keluhan penyakit radang panggul juga akan merasakan nyeri disaat penetrasi mendalam terutama ketika ada tekanan-tekanan saat berhubungan seksual.

Sedang dalam Perawatan Medis
Sedang dalam perawatan medis seperti kemoterapi atau radiasi juga dapat menjadi salah satu penyebab rasa sakit yang anda rasakan disaat pasangan anda melakukan penetrasi mendalam.

Selain disebabkan oleh hal-hal yang berhubungan dengan fisik, rasa sakit bisa muncul juga karena faktor emosional, seperti perasaan depresi, stres, cemas, khawatir dengan penampilan fisik, atau memiliki riwayat pelecehan seksual.

Terdapat beberapa hal yang menyebabkan anda mengalami kesakitan disaat pasangan mulai melakukan penterasi, beberapa diantaranya yaitu :

Cairan lubrikasi yang kurang
Cairan lubrikasi adalah cairan yang diproduksi secara alami oleh vagina wanita disaat terangsang. Kurangnya pemanasan atau yang biasa disebut dengan foreplay menjadi penyebab utama kurangnnya cairan lubrikasi. Selain dikarenakan kurangnya pemanasan, kurangnya caira lubrikasi juga dapat terjadi pada wanita yang telah menopause, usia yang semakin tua, wanita yang baru melahirkan lalu menyusui, mengonsumsi obat-obatan seperti pil KB, obat anti depresen, obat penenang, serta obat tekanan darah tinggi.

Terjadinya Infeksi pada Vagina
Vagina mengalami infeksi merupakan salah satu kondisi yang dapat menyebabkan anda mengalami rasa sakit saat melakukan hubungan seksual dengan suami anda.

Vaginismus
Vaginismus adalah suatu kondisi dimana vagina kejang, sehingga dapat membuat sakit saat pasangan melakukan penetrasi. Kondisi ini biasanya terjadi diakibatkan karena anda mengalami rasa takut disaat anda akan melakukan hubungan seksual dengan suami anda.

Selain diakibatkan karena ke tiga kondisi di atas, rasa sakit disaat pasangan mulai melakukan penetrasi juga dapat diakibatkan karena wanita baru saja melakukan operasi panggul atau akibat kecelakaan. Selain itu, wanita yang baru saja menjalani episiotomi – penyayatan jaringan antara vagina dan anus saat melahirkan – juga akan merasakannya.

Cara Supaya Tidak Merasakan Sakit Saat Berhubungan Seksual

Rasa sakit yang sering anda rasakan disaat berhubungan seksual dengan suami anda dapat anda minimalisir dengan melakukan beberapa langkah seperti :

Berkomunikasi
Melakukan komunikasi disaat atau sedang melakukan hubungan seksual dengan pasangan anda merupakan hal penting yang harus anda lakukan. Karena kenikmatan akan sulit tercapat tanpa adanya komunikasi. Anda dapat berkomunikasi dengan pasangan anda terkait hal yang dapat membuat anda menjadi merasa nyaman dan apa yang membuat anda merasa tidak. Jika anda mengalami rasa sakit disaat suami anda melakukan penetrasi, jangan sungkan untuk memberitahukan kepada suami anda supaya gerakannya diperlambat.

Mengganti Posisi
Saat anda melakukan hubungan seksual, anda dapat mencoba untuk merubah posisi dengan anda berada diatas. Dengan posisi tersebut dapat mempermudah anda mengontrol gerakan penetrasi hingga kedalaman yang dapat membuat anda menjadi merasa nyaman.

Jangan terburu-buru
Seperti apa yang telah dijelaskan di atas, bahwa salah satu penyebab nyeri disaat melakukan hubungan seksual adalah kurangnya pemanasan atau foreplay. Maka dari itu, coba untuk bicara kepada suami anda agar melakukan pemanasan (foreplay) yang lebih lama terlebih dahulu. Pemanasan tersebut bertujuan supaya cairan lubrikasi dapat terangsang keluar.

Perlu anda ingat, jika anda tidak ingin merasakan rasa sakit disaat berhubungan seksual, jangan pernah melakukan penetrasi sebelum anda benar benar sudah terangsang dan cairan lubrikasi cukup.

Gunakan pelumas
Jika cairan lubrikasi alami anda dirasa tidak dapat membantu meredakan rasa sakit disaat berhubungan seksual, anda dapat menggunakan pelumas sebagai tambahannya. Konsultasikan terlebih dahulu kepada dokter jika anda ingin menggunakan pelumas, supaya anda mendapatkan produk pelumas yang cocok.

Itulah informasi Cara Supaya Tidak Merasakan Sakit Saat Berhubungan Seksual dengan suami anda. Semoga saja informasi yang telah disampaikan diatas dapat bermanfaat dan membuat hubungan seksual anda menjadi lebih nyaman lagi.

Baca Juga :

Cara Supaya Tidak Merasakan Sakit Saat Berhubungan Seksual

Comments

comments

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *