Beragam Manfaat Madu untuk Kesehatan

Taukah anda bahwa terdapat Beragam Manfaat Madu untuk Kesehatan ? Cairan manis yang diproduksi oleh lebah ini pun akhirnya digunakan sebagai obat tradisional yang dipercaya bisa mengatasi berbagai kondisi.

Beragam Manfaat Madu untuk Kesehatan

Madu memiliki beberapa kandungan yang sangat bagus untuk kesehatan, beberapa di antaranya yaitu air, karbohidrat, vitamin seperti vitamin B dan C, mineral seperti kalsium, zat besi, dan sodium.

Masyarakat kerap memanfaatkan madu untuk mengobati luka terbakar matahari dan luka bakar lainnya. Beberapa hasil penelitian yang telah dilakukan oleh para ahli juga menunjukkan bahwa madu memiliki manfaat yang sangat baik terhadap jenis luka lain termasuk luka tersayat, luka setelah operasi, luka kronis pada kaki, dan lain-lain. Diketahui madu dapat mengurangi nanah dan bau pada luka sekaligus membersihkan luka, mengurangi infeksi dan nyeri, serta mempersingkat waktu penyembuhan.

Berikut Beragam Manfaat Madu untuk Kesehatan :

Menyembuhkan Luka
Seperti yang telah di bahas tadi di awal, bahwa madu sangat bagus untuk menyembuhkan luka. Hal ini dikarenakan dalam madu terkandung nutrisi dan bahan kimia yang mampu mempercepat penyembuhan luka dengan cara mengurangi rasa sakit, mengurangi infeksi, mengurangi nanah, serta bau tidak sedap pada luka. Jenis-jenis luka yang mungkin bisa disembuhkan adalah luka bakar, lecet, luka pascaoperasi, borok kaki kronis, dan bisul.

Sariawan akibat radioterapi.
Jika anda mengalami sariawan, anda dapat mengonsumsi madu sekitar 20 ml untuk mengurangi tingkat keparahan sariawan, penurunan berat badan serta nyeri saat menelan akibat radiasi dalam pengobatan kanker di kepala dan leher. Hasil studi klinis juga menyatakan bahwa madu mungkin bisa menurunkan risiko terkena sariawan terkait radioterapi.

Batuk.
Mengonsumsi madu sebelum tidur bisa mengurangi batuk pada orang dewasa dan anak-anak yang berusia dua tahun ke atas. Menurut beberapa penelitian menyebutkan bahwa Madu dipercaya dapat membasahi tenggorokan sehingga meredakan batuk, hal itu disebabkan karena rasa manis pada madu bisa memicu produksi air liur dan lendir.

Menurunkan Gukosa dan Kolesterol Darah
Meskipun lebih manis dari gula, madu memiliki indeks glikemik rendah karena diserap ke dalam aliran darah secara bertahap. Anda yang memiliki diabetes harus mengurangi makanan berindeks glisemik tinggi karena akan mendorong lonjakan glukosa darah.

Madu adalah alternatif pemanis yang paling aman dibandingkan gula atau gula sintetis. Beberapa penelitian bahkan menduga madu dapat menurunkan glukosa darah. Mineral dan vitamin alami dalam madu juga membantu menurunkan kadar LDL (kolesterol buruk) dalam tubuh.

Menjaga sistem pencernaan
Madu dipercaya memiliki manfaat yang sangat baik untuk menjaga sistem pencernaan, karena didalamnya terdapat kandungan antiseptik yang dapat membantu dalam mengurangai kadar keasaman dalam perut selain itu madu juga dapat meningkatkan produksi lendir yang ada didalam usus.

Meningkatkan Kekebalan Tubuh
Madu memiliki kandungan antioksidan yang sangat tinggi sehingga menjaga tubuh dari serangan radikal bebas. Bahkan, antioksidan yang disebut “pinocembrin” hanya ditemukan dalam madu. Hal ini membuat tubuh Anda lebih sehat, terhindar dari penyakit dan terlihat lebih awet muda.

Perlu diketahui bahwa tidak semua madu aman. Ada jenis madu yang berkemungkinan tidak aman jika dikonsumsi, yaitu madu yang berasal dari nektar Rhododendron. Madu jenis ini berisiko menyebabkan tekanan darah rendah, nyeri dada, dan masalah pada jantung karena madu jenis tersebut mengandung racun.

Beragam Manfaat Madu untuk Kesehatan

Comments

comments

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *