Penyebab Jantung Berdebar Debar & Cara Terbaik untuk Mengatasinya

Mungkin anda pernah merasakan jantung berdebar sangat kencang yang anda sendiri juga tidak tau kenapa sebabnya. Nah untuk mengetahui penyebab jantung berdebar debar yang sering anda rasakan tersebut, dalam artikel kali ini kami akan membahas informasi mengenai Penyebab Jantung Berdebar Debar & Cara Terbaik untuk Mengatasinya supaya jantung tidak selalu berdebar debar.

Penyebab Jantung Berdebar Debar & Cara Terbaik untuk Mengatasinya

Penyebab Jantung Berdebar Debar & Cara Terbaik untuk Mengatasinya

Penyebab Jantung Berdebar Debar
Terdapat berbagai faktor yang dapat menyebabkan jantung berdebar debar dengan cepat, Berikut adalah Beberapa Penyebab Jantung Berdebar DebarĀ  yang sering anda rasakan :

Konsumsi obat-obatan
Terkadang jantung berdebar dapat kita rasakan setelah kita mengkonsumsi obat obatan tertentu seperti Obat batuk yang mengandung stimulan pseudoephedrine, obat untuk asma dan untuk menangani gangguan tiroid.

Serangan kepanikan
Jantung berdebar juga dapat kita rasakan disaat kita merasa panik, biasanya jantung berdebar yang kita rasakan diiringi dengan perasaan cemas yang hebat, stres, takut, mual, gemetar. Terkadang juga disertai keringat dingin.

Ada masalah pada otot
dr Julio Ulaan SpJP dari Siloam Hospitals Kebon Jeruk mengatakan jantung berdegup kencang bisa terjadi ketika seseorang berbaring dalam posisi miring, kemudian dia hendak berbaring. Nah, degup jantung kencang tersebut dikatakan dr Julio kemungkinan bukan berasal dari jantung.

“Coba lakukan senam peregangan otot atau berenang,” ujar dr Julio di sela-sela live chat ‘Waspadai Penyakit Janhung’ yang digelar detikHealth dan detikForum di Kantor Detikcom, Jl Warung Jati Barat, Jakarta Selatan, Jumat (14/10/2016).

Gangguan irama jantung
Detak jantung yang terlalu cepat tapi tidak menimbulkan rasa sesak atau capek bisa saja terjadi karena adanya gangguan irama jantung. Ditambah lagi, detak jantung yang terlalu cepat itu hanay terjadi beberapa detik dan tidak muncul lagi dalam jangka waktu lama.

“Untuk memastikannya, segera berkonsultasi dengan dokter spesialis jantung dan pembuluh darah dan dilakukan rekam jantung (EKG) untuk melihat gangguan irama tersebut,” kata dr Julio.

Akibat konsumsi kafein
dr Julio mengatakan jantung berdebar japat juga disebabkan oleh beberapa substance, contohnya kopi, teh, cokelat atau bahan-bahan makanan yang mengandung kafein.

Pada prinsipnya, kafein bisa meningkatkan denyut jantung meski bukan berarti sudah pasti dapat menyebabkan gangguan pada irama jantung.

Perubahan hormon pada wanita
Perubahan kadar hormon pada masa kehamilan, menstruasi, serta menopause dapat menyebabkan jantung berdebar. Kondisi ini umumnya tidak berbahaya dan hanya bersifat sementara.

Fibrilasi Atrium (FA)
Fibrilasi Atrium (FA) yaitu denyut jantung yang tidak teratur akibat adanya gangguan listrik jantung. Dr dr Sunanto, SpJP mengatakan walaupun sebagian FA tidak memiliki gejala, namun jika ada gejala seperti berdebar-debar, mudah lelah, sesak napas mungkin dapat menjadi tanda dari munculnya FA.

Apabila jantung berdebar diakibatkan karena adanya gangguan jantung, maka jantung berdebar dapat menyebabkan komplikasi seperti pingsan secara tiba-tiba, stroke, atau bahkan gagal jantung. Namun jika kondisi jantung berdebar yang tidak disebabkan oleh penyakit jantung berisiko kecil menyebabkan komplikasi.

Cara Mengatasi Jantung Berdebar Debar
Walaupun kondisi jantung berdebar-debar yang terjadi hanya sesekali dan bersifat sementara tidak memerlukan perawatan khusus, akan tetapi Anda tetap perlu untuk waspada jika Anda memiliki riwayat penyakit jantung atau jika kondisi ini sering anda rasakan tanpa adanya pemicu yang jelas. Segera lakukan pemeriksaan ke dokter dari sekarang juga jika kondisi jantung berdebar-debar ini diiringi dengan dada yang terasa nyeri, pingsan, mengalami sesak napas yang parah, atau pusing.

Hampir tidak ada obat-obatan khusus yang perlu diberikan untuk menangani jantung berdebar jika hal ini bukan karena penyakit. Akan tetapi biasanya dokter akan memberikan informasi kepada anda untuk menghindari hal-hal yang dapat menjadi pemicu kondisi tersebut. Sementara itu jantung berdebar yang disebabkan penyakit tertentu seperti aritmia dapat ditangani secara lebih fokus pada cara untuk meringankan gejala.

Oleh karenanya jantung berdebar sebenarnya dapat ditangani secara mandiri. Berikut ini beberapa cara sederhana yang dapat diterapkan untuk menguranginya:

  • Menghindari faktor pemicu, seperti nikotin dalam rokok, minuman berkafein, minuman berenergi, atau obat-obatan yang dapat memicu gejala. Diskusikan dengan dokter jika obat yang Anda konsumsi menimbulkan jantung berdebar.
  • Meredakan kecemasan dan stres dengan metode relaksasi seperti yoga, meditasi, olah pernapasan, atau aromaterapi. Cara yang dapat bertahan dalam jangka panjang untuk menghindari jantung berdebar adalah menerapkan gaya hidup sehat dan sebisa mungkin menghindari stres berlebihan.
  • Hindari obat-obatan ilegal, seperti kokain yang berisiko memicu jantung berdebar.

Segera lakukan pemeriksaan ke dokter jika anda ataupun saudara anda mengalami frekuensi jantung berdebar yang dirasa sudah di luar batas normal, belum ditemukan penyebabnya, atau jika terdapat risiko mengidap penyakit jantung seperti obesitas dan kebiasaan merokok. Namun jantung berdebar yang tidak disebabkan penyakit jantung dapat reda dengan sendirinya dan tidak akan sering datang jika dibarengi dengan perubahan gaya hidup yang lebih sehat dan pola pikir yang lebih tenang.

Itulah informasi mengenai Penyebab Jantung Berdebar Debar & Cara Terbaik untuk Mengatasinya. Semoga saja dengan adanya informasi yang telah disampaikan ini dapat membantu anda untuk mengetahui penyabab jantung anda yang selalu berdebar debar serta cara terbaik untuk mengatasinya.

Penyebab Jantung Berdebar Debar & Cara Terbaik untuk Mengatasinya

Comments

comments

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *