Angina Pektoris

Anda mungkin pernah mendengan istilah Angina Pektoris atau yang biasa disebut dengan angin duduk. Tapi apakah anda tau apakah angina pektoris itu dan apa penyebab serta gejalanya ? Pada kesempatan kali ini Blog Kesehatan Dian akan berbagi informasi seputar penyakit angina pektoris.

Angina Pektoris

Angina Pektoris

Pengertian Angina Pektoris ( Angin Duduk )
Angina atau angin duduk merupakan suatu kondisi dimana penderitanya mengalami rasa nyeri pada dada yang dikarenakan otot-otot jantung kurang mendapat pasokan darah. Adanya suatu penyempitan atau pengerasan pada pembuluh darah merupakan hal yang mengakibatkan terganggunya pasokan darah. Penyakit ini dapat menyerang siapa saja secara tiba tiba.

Penyebab Angina Pektoris ( Angin Duduk )
Jantung memerlukan asupan darah yang kaya akan oksigen secara cukup agar dapat bekerja dengan baik. Darah untuk organ ini akan dialirkan melalui dua pembuluh besar yang disebut sebagai pembuluh koroner. Angin duduk terjadi ketika pembuluh koroner tersebut mengalami penyempitan.

Berdasarkan hal-hal yang dapat memicu penyempitan pembuluh koroner, angin duduk atau angina dibagi menjadi dua jenis, yaitu :

1. Stable angina
Stable angina adalah tipe yang paling umum dari angina, dan adalah apa yang dimaksudkan oleh kebanyakan orang-orang ketika mereka merujuk pada angina. Orang-orang dengan stable angina mempunyai gejala-gejala angina pada basis yang reguler dan gejala-gejalanya sedikit banyaknya dapat diprediksi (contohnya, menaiki tangga-tangga menyebabkan nyeri dada). Untuk kebanyakan pasien-pasien, gejala-gejalanya terjadi selama pengerahan tenaga dan umumnya berlangsung kurang dari lima menit. Mereka dibebaskan dengan istirahat atau obat, seperti nitroglycerin di bawah lidah sedangkan

2. Unstable angina
Unstable angina adalah kurang umum dan lebih serius. Gejala-gejala lebih parah dan kurang dapat diprediksi daripada pola-pola dari stable angina. Lebih dari itu, nyeri-nyerinya lebih sering, berlangsung lebih lama, terjadi waktu istirahat, dan tidak dibebaskan dengan nitroglycerin di bawah lidah (atau pasien perlu untuk menggunakan lebih banyak nitroglycerin daripada biasanya). Unstable angina tidaklah sama seperti serangan jantung, namun ia memerlukan kunjungan segera pada dokter anda atau departemen darurat rumah sakit karena pengujian jantung lebih jauh sangat diperlukan. Unstable angina seringkali adalah pendahuluan pada serangan jantung.

( sumber : https://id.wikipedia.org/wiki/Angina_pektoris )

Gejala Angina Pektoris ( Angin Duduk )
Rasa nyeri atau rasa ditekan di dada, merupakan gejala yang paling dapat dirasakan ketika terkena angina. Angina dapat menjadi peringatan bagi setengah dari mereka yang menderita serangan jantung. Berikut ini adalah beberapa gejala angin duduk, di antaranya:

  • Nyeri pada dada, yang kemungkinan bisa menyebar ke lengan kiri, punggung, rahang, dan leher.
  • Sesak napas.
  • Tubuh terasa lelah.
  • Mual.
  • Pusing.
  • Gelisah.
  • Mengeluarkan keringat berlebihan.

Jika Anda tiba tiba merasakan nyeri pada dada namun belum pernah terdiagnosis menderita masalah apa pun pada jantung, maka segeralah temui dokter untuk mengetahui penyebab nyeri pada dada anda. Walau tidak semua nyeri dada disebabkan oleh gangguan pada jantung, memeriksakan diri ke dokter adalah langkah yang paling aman.

Pengobatan Angina Pektoris ( Angin Duduk )
Pengobatan angina atau angin duduk bertujuan mengurangi tingkat keparahan gejalanya dan menurunkan risiko penderitanya terkena serangan jantung atau mengalami kematian.

Angin duduk dengan gejala ringan atau menengah sebenarnya masih bisa ditangani tanpa obat-obatan, yaitu dengan menjalani pola hidup sehat dan meninggalkan kebiasaan-kebiasaan buruk yang dapat memicu munculnya angin duduk, salah satu cara yang dapat anda lakukan adalah dengan mengonsumsi makanan bergizi seimbang atau yang mengandung banyak serat, seperti buah-buahan, sayur-sayuran, dan biji-bijian utuh. Hindarilah mengonsumsi makanan yang banyak mengandung garam.

Jika angin duduk tidak cukup diatasi dengan penerapan gaya hidup sehat, kami juga menyarankan kepada anda untuk melakukan pengobatan dengan mengkonsumsi herbal Jian Xin Capsule. Jian Xin Capsule adalah Obat Herbal terbaik yang diformulasikan untuk menyembuhkan berbagai macam jenis penyakit jantung salah satunya adalah angina atau angin duduk. Obat Penyakit Jantung Herbal Jian Xin Capsule sudah terdaftar di BPOM dengan No. Registrasi TI124346781. Untuk informasi lebih lengkapnya lagi mengenai herbal ini, silakan Klik Jian Xin Capsule

Itulah informasi mengenai Angina Pektoris, Penyebab, Gejala serta Pengobatannya yang dapat kita sampaikan. Semoga saja dengan adanya informasi yang telah disampaikan ini anda dapat memahami penyakit ini dan bisa terhindar dari penyakit yang memang mematikan ini.

Angina Pektoris

Comments

comments

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *